Cara Menggunakan Path Deform pada 3Ds Max

Cara Menggunakan Path Deform pada
Autodesk 3Ds Max 2010

Path Deform adalah tools modifer untuk menganimasikan suatu objek sesuai dengan jalur yang dibuat. Contoh untuk menganimasikan sebuah bola, peluru ular dan lain lain, kita bisa menggunakan tools modifer ini untuk mempermudahkan kita. Langsung saja...


  1. Buka objek yang akan dianimasikan, kali ini saya menggunakan ular.

  2. Pada panel Top, kita buat jalurnya menggunakan line. (pada saat membuat line, anda bisa menahan klik/Hold anda lalu menariknya untuk melengkungkan garisnya)

  3. Setelah itu kita seleksi ularnnya lalu beri tools modifer Path Defrom (bukan Patch tapi Path)

  4. Lalu pada penel modifernya klik pada pick path lalu pilih line yang kita buat tadi.

  5. Lalu pilih Move to Path untuk memindahkan objek tepat pada jalur.

  6. Atur Path Defrom Axis (ini tidak menentu untuk semua objek, jadi cobalah satu satu).

  7. Jangan kawatir kalau objeknya miring, kita bisa mengaturnya menggunakan Rotation.
  8. Lalu aktikan Auto Key dan klik Gambar kunci pada keyframe pertama

  9. Lalu pada keyframe yang diinginkan (kali ini saya atur pada keyframe 100), ubah Percent menjadi 100.

  10. Lalu coba di play.


Saran saya, Cobalah untuk memahami, bukan sekedar mengikuti ^^
Sudah selesai tutorialnya hehehe... jika ada yang mau ditanyakan gak usah sungkan sungkan untuk komen ya...

Thanks and I hope this can help you... ^^

0 Response to "Cara Menggunakan Path Deform pada 3Ds Max"

Post a Comment