Cara Menggunakan Path Deform pada
Autodesk 3Ds Max 2010
Path Deform
adalah tools modifer untuk menganimasikan suatu objek sesuai dengan jalur yang
dibuat. Contoh untuk menganimasikan sebuah bola, peluru ular dan lain lain, kita
bisa menggunakan tools modifer ini untuk mempermudahkan kita. Langsung saja...
- Buka objek yang akan dianimasikan, kali ini saya
menggunakan ular.
- Pada panel Top, kita buat jalurnya menggunakan
line. (pada saat membuat line, anda bisa menahan klik/Hold anda lalu menariknya
untuk melengkungkan garisnya)
- Setelah itu kita seleksi ularnnya lalu beri
tools modifer Path Defrom (bukan
Patch tapi Path)
- Lalu pada penel modifernya klik pada pick path lalu pilih line yang kita
buat tadi.
- Lalu pilih Move
to Path untuk memindahkan objek tepat pada jalur.
- Atur Path
Defrom Axis (ini tidak menentu untuk semua objek, jadi cobalah satu satu).
- Jangan kawatir kalau objeknya miring, kita bisa mengaturnya menggunakan Rotation.
- Lalu aktikan Auto Key dan klik Gambar kunci pada keyframe pertama
- Lalu pada keyframe yang diinginkan (kali ini
saya atur pada keyframe 100), ubah Percent menjadi 100.
- Lalu coba di play.
Saran saya, Cobalah untuk memahami, bukan sekedar mengikuti ^^
Sudah
selesai tutorialnya hehehe... jika ada yang mau ditanyakan gak usah sungkan
sungkan untuk komen ya...
Thanks and I
hope this can help you... ^^
0 Response to "Cara Menggunakan Path Deform pada 3Ds Max"
Post a Comment