Pengertian dan komponen-komponen kamera digital


Pengertian

Kamera Digital adalah alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan  melalui lensa kepada sensor CCD dan BSI-CMOS yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke media simpan digital seperti memori card

Komponen Kamera Digital

  1. Sensor
    Sensor kamera adalah sensor penangkap gambar yang dikenal juga sebagai CCD (Charged Coupled Device) dan BSI-CMOS (Back side iluminated-Complementary Metal Oxide Semiconductore).
  2. Layar LCD
    Layar LCD adalah layar pada belakang kamera digital yang bermanfaat untuk melihat setting kamera dan seperti apa bidikan yang ditangkap oleh sensor kamera.
  3. Media Penyimpanan
    Media penyimpanan adalah alat untuk menyimpan hasil gambar yang direkam. Tidak semua kamera memiliki memory internal, sehingga harus menggunakan media penyimpanan luar (eksternal). Media ini dapat berupa compact flash, memory stick, dan sebagainya.
  4. Shutter
    Shutter adalah pemetik atau tombol untuk melakukan pengambilan gambar.
  5. Body Camera (Black Box)
    Body camera sering disebut kotak hitam (black box) bukan berarti bentuknya kotak dan warnanya hitam, tapi bagian dalam body lah yang berwarna hitam gelap dan tidak memantulkan cahaya.
  6. Lensa
    Lensa merupakan benda tembus cahaya (bening) yang mempunyai dua bidang permukaan. Salah satu atau dua-duanya berpermukaan lengkung.

0 Response to "Pengertian dan komponen-komponen kamera digital"

Post a Comment