Alat-Alat Bantu Fotografi


Alat Bantu Pemotretan



Tripod
Kaki tiga atau Tripod dalam fotografi, adalah alat stan untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri dengan tegak dan tegar. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan fotografer dalam mengambil gambar dan mengurangi noise (shake)  yang ditimbulkan oleh guncangan tangan fotografer.










Monopod
pengertian monopod adalah kaki penopang tunggal untuk menstabilkan kamera saat memotret dengan lensa yang amat panjang.sumber: Tom E Rolnicki Monopod, dikenal juga dengan nama unipod atau kaki-satu adalah sebuah tongkat atau tiang tunggal yang berfungsi menyangga kamera, kamera video, teropong, senapan, dan juga peralatan presisi lainnya. Pada perkembangannya, alat ini dimodifikasi menjadi tongkat narsis, dengan kamera telepon pintar (smartphone), dan tonsis ini sebagai penyangganya.





Gorilapod
Gorillapod merupakan tripod yang sangat feksibel yang bisa di letakan dimana saja yang tidak terjangkau oleh anda. Dengan model seperti bulat bulat yang bisa di tekuk ataupun di lengkungkan pada permukaan tertentu seperti pohon pagar besi,tiang listrik dll. Gorillapod ini juga bisa di tempelkan pada permukaan besi karena tripod ini memiliki magnet pada bagian kakinya.






Tas Kamera
Tas Kamera adalah alat yang sangat penting untuk menjaga keamanan kamera. Karena jika kamera diletakkan di tas biasa akan banyak ruang kosong atau ruang renggang yang apa bila tas mengalami goncangan maka kamera akan sangat rentan. Jika kita memakai tas kamera yang sesuai dengan kamera, kamera tidak akan berguncang di dalam tas apabila tas mengalami goncangan dan juga di dinding dinding tas terdapat, sponge yang dapat meredam benturan.




Filter
Dalam fotografi dan videografi, filter adalah sebuah aksesori kamera yang terdiri dari filter optik yang dapat dimasukkan ke dalam jalur optik. Filter dapat menjadi persegi atau bentuk persegi panjang dipasang pada dudukan aksesori, atau, lebih umum, sebuah kaca atau plastik disk dengan bingkai cincin logam atau plastik, yang dapat dipasang di depan atau dipasangkan ke lensa.
Macam-macam filter :
1.    Filter Clear berfungsi untuk melindungi lensa kamera dari unsur kotoran debu yang mudah menempel pada saat melakukan pemotretan di luar gedung. Selain itu juga menjaga lensa terbebas dari goresan benda-benda tumpul,filter ini tidak menciptakan efek terhadap hasil bidikan.
2.    Filter Ultra Violet selaiun berfungsi melindungi lensa dari kotoran debu,tetapi mempunyai fungsi yang lain yaitu menyaring sinar ultra violet yang berdampak pada hasil foto menjadi berkabut atau dengan istilah lain Haze. Dengan menggunakan filter ini, maka hasil foto yang dibidik dapat terjaga ketajaman dan realitas warnannya.
3.    Filter Neutral Density (ND) merupakan filter kamera fotografi yang berfungsi untuk mengurangi pencahayaan yang berlebihan, sehingga hasil gambar akan terlihat lebih tajam dan lembut meskipun dengan menggunakan kecepatan di bawah standard, filter ini mampu menciptakan kesan redup dalam cuaca yang begitu terik.
4.    Pada prinsipnya penggunaan Filter Graduated Neutral Density (GND) mirip dengan Filter Neutral Density (ND), hanya perbedaannya terletak pada nilai intensitas penurunannya. Pada Filter Graduated Neutral Density (GND) nilai penurunannya adalah setengahnya dari Filter Neutral Density (ND). Pemakaian filter ini cocok untuk pembuatan karya fotografi bertemakan pada kategori Landscape atau pemotretan pemandangan
5.    Filter Polarizing dalam fotografi memberikan nilai lebih pada saturation yaitu akan menaikan ketajaman pewarnaan obyek bidikan hingga hasilnya dapat menciptakan ruang yang dalam. Filter ini sangat baik dalam menciptakan karya foto pemandangan atau bersifat natural. Filter ini juga mampu meredam pantulan atau refleksi benda bidikan terhadap lensa kamera, seperti pada pemotretan di sebuah kolam ikan atau aquarium.
6.    Filter Infra Red dalam fotografi berfungsi meloloskan sinar gelombang infra red dan akan menahan dampak dari sinar lainnya yang masuk ke dalam lensa kamera. Penggunaan filter ini akan menciptakan kesan tersendiri sehingga hasilnya dapat digolongkan hasil karya fotografi seni. Efek yang dihasilkan yaitu mampu membuat obyek bidikan terkesan dalam pewarnaan bernuansa kemerahan.
7.    Filter Soft dalam fotografi adalah filter yang mampu menciptakan kesan lembut atau efek halus terhadap obyek yang menjadi bidikannya itu. Filter Soft sangat cocok untuk pemotretan model terutama dengan pengambilan type of shotnya benbentuk Close-Up. Dengan memakai filter ini, maka obyek yang dipotret secara close-Up akan terlihat menggambarkan kelembutan pada paras wajahnya, sehingga hasil foto terlihat bagus dan mulus.
8.    Filter Gradasi pada fotografi merupakan filter perpaduan secara gradasi dari dua warna yang dapat menghasilkan efek pada hasil pemotretan dengan karakter warna yang sama. Pemakaian Filter Gradasi akan menciptakan gambar dengan pengolahan warna secara gradasi.
9.    Pemakaian Filter Star atau Filter Cross Lens akan menciptakan efek bintang atau sinar yang memancar dari cahaya lampu yang menjadi obyeknya.
10.  Filter Lensa Color Correction/Warming/Cooling dapat menyaring warna-warna tertentu, misalnya menyaring warna kuning pada lampu tungsten. Namun filter ini sekarang sudah jarang ditemui karena fungsinya dapat digantikan oleh pengaturan warna pada menu white balance di kamera serta pada software pengolahan foto digital.




Lensa
Lensa Kamera adalah merupakan alat vital dari kamera yang berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap (atau lebih umum dikenal dengan nama film, tapi kalau kamera digitam menggunakan sensor). Terdiri atas beberapa lensa yang berjauhan yang bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda.





Lenshood
Lens hood merupakan salah satu alat vital dalam fotografi yang memiliki fungsi: menghilangkan flare, memberikan kontras yang lebih baik terhadap lensa, melindungi front elemen dari goresan atau benturan dan juga akan membuat lensa anda terlihat lebih pro dan kekar.



Battery Grip

Battery grip/vertikal grip adalah aksesoris kamera yang dipasang di bawah kamera yang berfungsi untuk beberapa hal. Di dalam battery grip, kita bisa memasukkan baterai cadangan kamera ataupan baterai AA. Baterai cadangan bisa digunakan langsung untuk operasi kamera sehingga tidak diperlukan untuk mengganti baterai bila baterai utama habis. Fungsi kedua dari batteray grip adalah memudahkan kita ketika mengambil foto dengan orientasi vertikal/potrait. Battery grip memiliki beberapa tombol tambahan seperti tombol shutter/jepret dan beberapa tombol lain untuk mengubah titik fokus.

0 Response to "Alat-Alat Bantu Fotografi"

Post a Comment